Minggu, 28 Juni 2015


asinan kelubi tanpa biji


asinan kelubi tanpa biji

Harga:
  • asinan kelubi bangka ukuran 1 botol Rp 35.000
Keterangan :

Buah Kelubi merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di hutan rawa. Asam kelubi ini mirip sekali dengan buah salak. Bedanya, salak memiliki bentuk buah yang cukup besar.
Buah Kelubi sering juga di gunakan sebagai bahan campuran sambal. Fungsinya sebagai bahan asam pada sambal, seperti sambal terasi atau dikenal dengan sebutan Sambal Belacan.
Buah Kelubi yang dipergunakan untuk dijadikan manisan, tidaklah asal-asalan, tapi benar-benar yang sudah tua.
Asinan kelubi cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Bangka.

Cara membuat manisan / asinan Buah Kelubi
Buah kelubi dikupas kulitnya, lalu ditusuk-tusuk dengan jarum atau peniti. Tujuannya adalah untuk membuang rasa asam yang berlebihan, dan juga untuk mempermudah menyerapnya zat gula disaat dalam proses pemanasan.

Setelah ditusuk-tusuk, lalu buah kelubi di cuci, kemudian direndam dengan air yang di campuri garam selama tiga hari berturut-turut, dengan tujuan agar daging asam kelubi tidak menyatu lagi dari bijinya sewaktu kita menyantapnya.

Setelah direndam selama tiga hari, lalu tiriskan. Kemudian buah kelubi direbus sampai matang. Setelah matang, lalu tiriskan. Seiring dengan prosesi penirisan, dilanjutkan dengan pembuatan rebusan air gula pasir.

Bila rebusan air gula pasir sudah benar-benar rata, yaitu gula pasir benar-benar sudah larut, maka secara perlahan, buah asam kelubi yang sudah ditiriskan kembali dimasukan ke dalam air gula untuk direbus yang kedua kalinya.

Tagged: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar